Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella

Mengingatkan kembali Ayah dan Bunda, menjelang bulan Agustus dan September akan dilaksanakan Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella.

Campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular, disebabkan oleh virus serta ditularkan melalui batuk dan bersin. Gejalanya demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit (rash) disertai batuk dan/atau pilek dan/atau konjungtivitis, akan tetapi sangat berbahaya bila disertai dengan pneumonia, diare, meningitis karena dapat menyebabkan kematian.

Rubella adalah penyakit akut dan ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan. Rubella akan berbahaya apabila menyerang pada wanita hamil pada trimester pertama karena menyebabkan abortus, kematian janin atau sindrom rubella kongenital pada bayi yang dilahirkan.

Pelaksanaan imunisasi campak dan rubella diharapkan dapat memberi kekebalan agar terhindar dari infeksi penyakit tersebut.

Pelaksanaan kampanye imunisasi campak dan rubella diberikan pada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun, secara bertahap dalam 2 fase :
1. Fase 1 bulan Agustus-September 2017 di seluruh Pulau Jawa
2. Fase 2 bulan Agustus-September 2018 di seluruh Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Bawa buah hati Ayah dan Bunda untuk mendapatkan imunisasi di pos imunisasi campak dan rubella di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Komentar Anda?