Indikator Mutu Rumah Sakit UNS

Tahun 2019

1. Kepuasan Pasien dan Keluarga

Kepuasan Pasien dan Keluarga Pasien ditargetkan 80% untuk tahun 2019 dan dalam realisasinya relatif meningkat dari Januari sampai dengan September 2019. Faktor utama peningkatan tersebut adalah penambahan sejumlah Dokter Spesialis dan SDM pendukung, yang tentunya membuat kapasitas pemeriksaan meningkat dan waktu tunggu pasien memendek.

Level kepuasan menurun pada kurun September – Desember 2019, namun masih di kisaran target capaian, yaitu 80%. Penurunan ini disebabkan karena berhentinya beberapa Dokter Spesialis, khususnya Dokter Spesialis yang sudah cukup lama berpraktik dan memiliki pasien tetap.

2. Kecepatan Respon Terhadap Keluhan Pasien

Kecepatan respon Humas untuk penanganan keluhan pasien ditargetkan 75% pada tahun 2019, dan selain bulan Maret 2019, target tersebut telah tercapai dengan baik dan konsisten.

Penurunan pada bulan Maret 2019 terjadi karena peningkatan tajam jumlah keluhan disebabkan oleh cukup banyaknya SDM di beberapa bagian pelayanan yang pindah kerja atau menjadi CPNS.

3. Angka Ketepatan Waktu Pemeriksaan Dokter Jaga IGD

Sepanjang 2019, waktu respon Dokter Jaga IGD telah tercapai dengan baik, kecuali pada Januari dan Maret 2019 dimana saat itu terjadi lonjakan pasien di saat yang sama sehingga terjadi keterlambatan di bawah 2 menit.

4. Respon Time Pelaporan Nilai Kritis Troponin

Target 100 persen pada Januari-Maret 2019 belum tercapai karena SDM Laboratorium sempat terkurangi oleh CPNS. Target tersebut kembali tercapai pada April 2019, setelah kebutuhan SDM kembali terpenuhi.


Tahun 2018

1. Kepuasan Pasien dan Keluarga

Kepuasan pasien dan keluarga terhadap pelayanan yang diberikan Rumah Sakit UNS dalam 3 bulan ini trendnya semakin meningkat. Pada bulan november 2018, angka kepuasan pasien dan keluarga di Rumah Sakit UNS sudah mencapai target.

2. Angka Kecepatan Respon Terhadap Komplain

Kecepatan Respon Humas terhadap penanganan komplain dari pengguna layanan Rumah Sakit UNS dalam 3 bulan ini trendnya semakin meningkat.