Menutup Tahun 2022, Rumah Sakit UNS dan DWP UNS Mengadakan Khitanan Massal

Menutup Tahun 2022, Rumah Sakit UNS dan DWP UNS Mengadakan Khitanan Massal

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama Rumah Sakit UNS menggelar Khitanan Massal. Kegiatan yang dilaksanakan di RS UNS, Minggu (18/12/2022) ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) DWP, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Hari Ibu.
Ketua Panitia Khitanan Massal, Widiastuti Hartono mengatakan, Khitanan Massal merupakan kegiatan sosial yang rutin dilakukan oleh DWP UNS setiap tahunnya. Khitanan Massal pada bulan Desember ini merupakan kegiatan kali kedua setelah sebelumnya diadakan pada bulan Juni di tahun yang sama. Antusias masyarakat Solo Raya terhadap kegiatan ini cukup besar, terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar khitanan massal.
“Namun dikarenakan masih dalam situasi pandemi, khitanan massal tetap membatasi peserta. Alhamdulillah, peserta khitanan bulan Desember ini terdaftar sejumlah 80 peserta. Syarat peserta kali ini adalah minimal umur 10 tahun,” terang Widiastuti Hartono.

Ketua DWP UNS, Budhi Widjajanti Jamal Wiwoho mengatakan, peserta yang telah terdaftar tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Peserta wajib melakukan swab dan pemeriksaan fisik dengan Dokter Rumah Sakit UNS. Tindakan khitan langsung ditangani oleh 10 dokter dan Dokter Spesialis RS UNS dengan didampingi perawat senior. Setelah khitan, peserta dijadwalkan untuk kontrol ke Rumah Sakit UNS. Tidak hanya kebutuhan medis seperti obat-obatan pascakhitan, peserta juga mendapat bingkisan berupa sarung, sajadah, pakaian muslim, susu, makanan dan uang saku oleh DWP UNS. Selain itu DWP UNS juga mengadakan permainan interaktif selama waktu menunggu antrean khitanan agar peserta tidak tegang dan bosan.
“Khitanan yang kami lakukan bertepatan dengan anak-anak libur sekolah dan di hari Minggu dimana jadwal layanan poliklinik RS UNS tidak beroperasi, sehingga peserta khitanan dapat merasa nyaman. Acara yang merupakan dari RS UNS dan DWP UNS ini, diharapkan mampu membantu masyarakat yang membutuhkan layanan khitan,” ujar Budhi Widjajanti Jamal Wiwoho.
Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Khitanan Massal ini sebagai bukti bahwa DWP bekerja sama dengan RS UNS memberikan sebuah layanan kepada masyarakat. “Kepedulian sosial ini yang terus menerus kita lakukan kepada masyarakat dengan memberikan pelayanan salah satunya dengan Khitanan Massal,” kata Prof. Jamal.

Prof. Jamal juga mengucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah mempercayakan khitan putranya di RS UNS. “Semoga 80 anak yang di khitan segera sembuh dan menjadi anak yang soleh. Kami ucapkan terima kasih juga kepada semua panitia yang telah menyiapkan kegiatan ini,” ujar Prof. Jamal.
Salah satu orangtua, Yusuf warga Makamhaji yang mengantarkan anaknya untuk khitan mengaku senang dan berterima kasih atas diselenggarakannya khitan ini. “Senang, dapat khitan gratis dengan pelayanan yang bagus. Sehingga sangat membantu masyarakat,” ujarnya.

slot dana