Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Perdana bagi Tenaga Kesehatan Rumah Sakit UNS

#SobatSehat

Senin, 25 Januari 2021 Direktur Rumah Sakit UNS, Prof. Dr. Hartono, dr., M.Si., membuka seremonial pelaksanaan vaksinasi Covid-19 perdana di Poli Timur Lantai 2, Rumah Sakit UNS.

Prof. Dr. Hartono dalam sambutannya menyampaikan bahwa vaksin adalah salah satu upaya pencegahan terhadap virus Covid-19, setelah menerapkan protokol kesehatan yang kita kenal dengan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak; juga setelah berusaha untuk meningkatkan imun dengan konsumsi makanan bergizi dan olahraga secara teratur.

Prof. Dr. Hartono juga menyampaikan bahwa meski rilis vaksin covid ini dipercepat, namun sudah berpedoman pada kaidah keilmuan, telah melalui serangkaian uji klinis yang dilakukan oleh para ahli, sehingga aman untuk digunakan. Meski mungkin ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang dialami oleh beberapa orang, namun risiko tersebut sudah diminimalkan.

Penyuntikan vaksin Sinovac tahap pertama yang diselenggarakan ini, rencananya akan dilaksanakan selama empat hari bagi seluruh tenaga kesehatan – segenap civitas hospitalia Rumah Sakit UNS. Direktur menjadi tenaga kesehatan pertama yang mendapat suntikan vaksin covid, dimana dr. Coana Sukmagautama, Sp.PD., M.Kes. bertindak sebagai vaksinator.

Hal ini sebagai bentuk komitmen dan dukungan Rumah Sakit UNS terhadap Pemerintah untuk menekan angka penularan #Covid19 terutama di lingkungan rumah sakit. Penyuntikan perdana hari ini diikuti oleh tenaga kesehatan yang sudah terdaftar melalui pedulilindungi.id dan pelaksanaannya tetap menerapkan dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu membatasi jumlah peserta, pengecekan suhu badan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Kita semua berdoa ya #SobatSehat semoga dengan adanya vaksin ini, dapat melindungi kita semua dari bahaya virus Covid-19.


Website : rs.uns.ac.id
Facebook : fb.me/rumahsakituns
Instagram : @rumahsakituns
Youtube : Rumah Sakit UNS